Manfaat Tanaman Bunga Rosella

    Manfaat Tanaman Bunga Rosella -yang dikenal dengan istilah dalam bahasa Latin Hibilus Sabdaruffa sudah sejak lama dikenal di Indonesia. tanaman bunga Rosella masih merupakan kerabat tanaman bunga Sepatu yang sering kita jumpai sebagai tanaman pagar yang tumbuh disekitar halaman rumah.

   Tanaman Rosella ini ternyata banyak mengandung manfaat mulai dari daun, buah dan bijinya berfungsi sebagai diceretik (melancarkan air seni) pereda nyeri, dan anti sariawan serta juga ternyata kelopak bunga rosella ini dapat mengatasi coresterol, sariawan, panas dalam, hipertensi, sembelit, mengurangi osteoporosis, anti bakteri, antiseptik dan sebagainya.

     Kelopak bunga Rosella di kenal sebagai Prombozen yang digunakan untuk bahan membuat sirup warna merah, Pada antosianin inilah sebagai penghasil pigmen alami untuk memberi warna merah, jika semakin pekat warna merahpada kelopak bunga Rosellamaka akan semakin asam rasanya, begitu pula kandungan anti oksidannya juga makin banyak. juga digunakan untuk campuran minuman yang dikenal dengan Teh Rosella yang memiliki aroma khas.

     Menurut penelitian Pada tanama Rosella mengandung Kadar anti oksidan yang tinggi. terutama pada bagian kelopak bunganya memiliki zat aktif meliputi Gossypetin, antosianin dan Glucoside Hibiscin.

     Berkut ini Tata cara Menanam Menanam Bunga Rosella. Padadasarnya bunga Rosella bisa hidup dalam kondisi suhu, cuaca serta lahan apapun tergantung daerahnya setiap daerah berbeda maka menghasilkan warna yang berbeda, tanaman bunga Rosella merupakan tanaman semusim yangmana tanaman ini hanya mengalamisatu kali masa produktifnya. Tetapi secara optimal Pertumbuhan Tanaman bunga Rosella dapat tumbuh dikisaran suhu 20-30 derajat Celcius. juga dapat umbuh dengan baik pada daerah dataran rendah dengan ketinggian 0-500 M dari permukaan laut, tanaman bunga Rosella juga bisa hidup di ketinggian 0-900 M di atas permukaan laut.

    Tanaman bunga Rosella bisa ditanam dilahan terbuka, dan jika lahan tanahnya subur maka tanaman bunga Rosella ini umumnya dapat tumbuh tinggi sekitar 2-3 meter dan lebar tajuk 1-1,5 meter jika dibuat alur/bedagan setinggi 15-20 cm tanah diberi pupuk kandang 2 kg/ 10 meter persegi dengan jarak tanam 1 x 1 meter, juga bisa ditanam pada Pot atau polibag (jika lahan Terbatas) bila di tanam di lahan terbatas biasanya tinggi pohonnya hanya mencapai 40-70 Cm.

Entri yang Diunggulkan

Manfaat Tanaman Bunga Rosella

    Manfaat Tanaman Bunga Rosella -yang dikenal dengan istilah dalam bahasa Latin Hibilus Sabdaruffa sudah sejak lama dikenal di Indonesia. ...