Bunga Aster


   Asal mula habitat asli Bunga Aster adalah dari Tiongkok (Cina) yang mencapai tinggi rata-rata menncapai 30 sampai 70 centi meter, berumur kurang lebih 1 tahun, banyak orang menyukai jenis bunga seperti ini, sehingga menjadi lahan subur bagi para petani untuk menanam bunga aster ini, kalau dilihat dari segi bentuknya mirip kembang kertas atau bunga matahari, yang memiliki ciri bentuk daun bersusun, kelopak memanjang dan agak bulat, tidak mengenal musim berbunga, serta memiliki berbagai jenis warna yang menarik seperti warna merah, kuning, putih, ungu, pink dan biru.

    Di negara kita Indonesia bunga aster tumbuh dan di tanam dipekarangan rumah. Kalau dilihat dari banyak jenis dan warna yang bagus nan cantik, bunga aster ini indentik mencerminkan keceriaan, keriangan, kesederhanaan dan kegembiraan. Selain memiliki keindahan dari segi warna, ternyata bunga aster ini mempunyai segudang manfaat untuk kehidupan umat manusia diantaranya adalah dapat digunakan untuk kesehatan (obat), diantaranya : mengobati batuk kronis/kering, batuk berdahak, peradangan tenggorokan, demam, influenza, melancarkan peredaran darah yang berfungsi sebagai antibiotik, ekspektoran, anti neoplastik dan farmakologi. dan jug untuk kecantikan diantaranya sebagai obat awet muda, karena mengandung nutrisi untuk kulit sehingga kulit jadi sehat dan cantik.

    Jika dilihat dari segi keindahan dan khasiat bunga aster yang begitu mengagumkan ini, dirasa perlu bagi kita untuk menanam dan membudidayakan tanaman ini, karena tanaman bunga aster dapat hidup dimana saja, terutama disekitar pekaranagan rumah kita, bisa juga dibudidayakan di dalam pot, agar mudah suatu saat jika kita memerlukannya. disini akan di paparkan tentang cara menanam aster di dalam pot, Pertama siapkan pot sesuai keperluan, sediakan media tanah, sekam, pupuk kompos/pupuk kandang, perbandingannya cukup 1:1:1 agar munga aster dapat tumbuh subur, kemudian tanam benih bunga aster baik bijinya (bisa beli di toko petanian) atau tunasnya (jika menanam dari tunas usahakan yang sudah berumur kira-kira 6 bulan) di atas media yang telah di persiapkan tadi. jangan lupa menyiramdan memupuknya agar bisa tumbuh dengan baik. selain di dalam pot.

  Selain di dalam pot bunga aster bisa dibudidayakan dengan skala besar (bisnis) tentu ini memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya. cara menanam untuk skala besar pada dasarnya hampir sama dengan di dalam pot, namun ada persiapan tambahan yaitu harus disediakan tempat persemaian agar mempermudah proses penanaman diawal kemudian benih di sebar sesuai bidang tanah yang  diperlukan. Mudah-mudahan ada manfaat bagi para pembaca sekalian.

Entri yang Diunggulkan

Manfaat Tanaman Bunga Rosella

    Manfaat Tanaman Bunga Rosella -yang dikenal dengan istilah dalam bahasa Latin Hibilus Sabdaruffa sudah sejak lama dikenal di Indonesia. ...